LPPM Unair adakan program pelatihan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Bidang Penanaman Modal & Pelayanan Publik

  • By lppm
  • In LPM News
  • Posted 11 Juli 2019

LPPM NEWS – Universitas Airlangga melalui Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) mengadakan program pelatihan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Bidang Penanaman Modal & Pelayanan Publik untuk Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, yang diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 26-27 Juni 2019, bertempat di Universitas Airlangga dan Hotel Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya.

Di hari pertama, sebanyak 25 personil terdiri dari pimpinan dan staf mengikuti pelatihan ini. Pelatihan difokuskan pada bidang pelayanan investasi yang bertujuan agar memiliki pengetahuan dalam meningkatkan investasi. Dalam pelatihan tersebut, materi yang disajikan LPPM UNAIR cukup inovatif dan menarik.

Pelatihan BIMTEK 2

Ketua LPPM, Dr. Eko Supeno, MSi yang juga menjadi salah satu intruktur menyampaikan teknik layanan modern. Teknik pelatihan bukan hanya sekedar ceramah, tetapi juga disertai dengan diksui kasus dan juga menggunakan model outbond.

“Metode dengan materi terbaru sangat diperlukan bagi aparat pemerintah agar tidak ketinggalan,” ujar Eko yang juga dosen di jurusan Administasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR.

Instruktur lain yang terlibat dalam kegiatan pelatihan yaitu Dr. Suko Widodo, MSi dosen pada jurusan Ilmu Komuikasi. Ia menyampaikan materi bertajuk Strategi Menarik dan Merawat Investasi. Dalam penyampaiannya, Suko yang juga Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR mendorong agar semua aparat pemerintah menjadi pemasar bagi daerahnya.

“Soal investasi ini bukan urusan Dinas Penanaman Modal saja. Tetapi juga merupakan urusan semua aparat Pemkab Tanah Laut,” tuturnya.

Karena itu menurut Suko, peran pimpinan daerah dalam hal ini bupati diperlukan dalam mengajak semua aparat untuk terlibat mengembangkan investasi. Joko selaku pimpinan peserta pelatihan merasa senang berkesempatan membawa stafnya ke UNAIR. Harapannya, pihaknya akan mendorong kemungkinan dikembangkannya kerjsama dengan UNAIR di masa depan.

Sementara menurut Drs. Joko Wuryanto, MSi, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Tanah Laut, pelatihan ini dilakukan guna menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

“Saat ini terjadi banyak perubahan dalam berbagai hal, termasuk teknologi informasi. Karenanya, aparat sipil negara harus memiliki ketrampilan memadai,” ujar Joko.

Sebetulnya menurut Joko, pihaknya telah melakukan penyesuaian dalam berbagai hal. Termasuk sistem layanan di Pemkab Tanah Laut. Namun diakuinya bahwa dengan menimba pengalaman di Universitas Airlangga akan menambah kepercayaan diri bagi aparat.

“Yang jelas, SDM yang kami miliki juga perlu mendengar pengetahuan terbaru. Agar kami tak ketinggalan,” ujarnya.

Pelatihan BIMTEK 3

Di Hari kedua, materi yang diberikan LPPM berupa games inbond yang diselenggarakan di Hotel Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya. Dr. Achsania Hendratmi, SE., M.si. dan Tim LPPM yang memberikan games-games tersebut untuk para personil DInas Penanaman Modal & PTSP, Kab. Tanah Laut.

Pelatihan BIMTEK 4

Tujuan dari diadakan nya games ini untuk meningkatkan kekompakan serta kerja sama antar personil di dalam satu Dinas dan juga untuk saling memahami kelebihan dan kekurangan setiap individu didalamnya.

Tags :
Hits 226