Tanam Jahe dan Sereh untuk Tingkatkan Kesehatan Warga Flat Kenari

  • By Super User
  • In LPPM News
  • Posted 31 Agustus 2023

JOHOR BAHRUUniversitas Airlangga (UNAIR) bekerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melakukan International Community Development di Kangkar Pulai, Johor Bahru, Malaysia. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung pada Sabtu (26/8/2023) itu bertujuan untuk mempromosikan tingkat kesehatan warga Flat Kenari, Selangor, Malaysia.

Dalam pengmas itu, tim Fakultas Kedokteran UNAIR berjumlah 15 orang berkolaborasi dengan tim dari UTM sebanyak 5 orang. Sasaran pengmas adalah memberikan edukasi kepada warga di Flat Kenari yang berjumlah 1200 orang. Kegiatan dikemas dengan beragam bentuk, mulai dari penyuluhan demam berdarah dan nutrisi, hingga menanam toga yaitu jahe dan sereh di kebun warga setempat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh World University Association Community Development UNAIR itu mengajak masyarakat di wilayah Flat Kenari untuk menanam tanaman obat. Kemudian, berlanjut dengan penyampaian informasi terkait macam-macam aneka tanaman obat keluarga (toga) oleh Suciati SSi MPhil PhD Apt, staf pengajar dari Fakultas Farmasi UNAIR.

Tanam Jahe dan Sereh Kankar Pulai 1

Suciati memaparkan pentingnya mempunyai tanaman toga di sekitar rumah. Ia juga menjelaskan tentang tiga jenis tanaman toga, yaitu jahe, kunyit, dan sereh. Selain itu, Suciati juga mengajari para ibu rumah tangga yang tinggal di Flat Kenari cara membuat minuman dari kunyit asam.

“Tanaman toga yang kami pilih adalah jahe dan sereh. Karena khasiatnya untuk kesehatan cukup banyak dan perawatannya mudah,” tutur Prof Dewi Melani Hariyadi SSi MPhil PhD Apt yang ikut menanam sereh bersama warga.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan kesehatan di Flat Kenari yang sebagian warganya adalah warga negara indonesia (WNI). Kegiatan ini juga sesuai dengan goal SDG’s ke-3 yaitu Good Health and Wellbeing.

Deteksi Dini Demam Berdarah

Pada pengabdian masyarakat ini, tim UNAIR juga memberikan penyuluhan terkait pencegahan dan deteksi dini gejala demam berdarah kepada warga sekitar. Bahkan, agar menarik, kegiatan dibuat interaktif dengan berbagai kuis.

“Demam berdarah masih menjadi momok di bidang kesehatan, terutama untuk negara tropis. Malaysia, layaknya Indonesia juga membentang di area katulistiwa,” jelas Dr Sulistiawati dr MKes.

Tanam Jahe dan Sereh Kankar Pulai 4 1024x768

Selain demam berdarah, yang juga masyarakat setempat butuhkan adalah pengetahuan tentang nutrisi. Yakni, nutrisi yang seharusnya anak-anak konsumsi untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Juga, menjaga konsumsi makanan saat dewasa agar tidak mudah terkena penyakit metabolisme.

“Yang kami sampaikan sederhana saja. Apa, sih, pengaruh konsumsi garam, gula, dan lemak terhadap kesehatan. Masyarakat perlu tahu itu. Agar sejak dini sudah dapat mengonsumsi garam dan gula dengan jumlah yang sesuai,” ungkap Trias mahmudiono SKM MPH PhD.

Sementara itu, Rosli Ketua Komuniti Flat Kenari menyampaikan sangat senang dengan kegiatan pengmas yang digagas UNAIR dan UTM. “Karena ini baru pertama kali ada kegiatan penyuluhan tentang kesehatan dari orang luar Malaysia. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung ke depannya,” ucap Rosli. (*)

 

Sumber: https://unair.ac.id/tanam-jahe-dan-sereh-untuk-tingkatkan-kesehatan-warga-flat-kenari/

Hits 489